-->

31 Maret 2016

Ayo Mondok Di Pesantren Hidayatullah Medan

Assalamu'alaikum sahabat blogger yang baik hatinya dan insyaallah senantiasa dalam lindungan allah SWT. Pada kali ini saya akan membahas tentang pondok pesantren hidayatullah Medan sekolah yang telah menjadi tempat saya belajar agama dan hidup mandiri, belajar bagaimana sebenarnya hidup sebagai seorang muslim yang benar, bagaimana bergaul terhadap sesama makhluk hidup. Sebuah tempat yang telah banyak memberikan ilmunya kepada saya, sebuah tempat yang menjadi tempat saya untuk taat beribadah kepada Allah SWT. Mempelajari Al-qur'an, menelaah maknanya dan mengaplikasikannya kekehidupan sehari-hari, dan akhirnya hablumminallah (hubungan kepada allah) dan hablumminannas (hubungan kepada manusia) kita menjadi baik.



Sejarah Hidayatullah Medan
Ok guys, perlu diketahui dahulu Ponpes Hidayatullah berdiri sejak 18 September 1993, bermula dari rumah kontrakan di Jl. Karya III Helvetia. Selama satu tahun pengurus menjalin silaturrahim dengan kaum muslimin akhirnya pindah kontrakan di Jl. Bilal Ujung Gg. Arimbi selama dua tahun, bersamaan dengan itulah mendapatkan tanah wakaf di Kec. Pancur Batu dan dimanfaatkan selama 1,5 tahun. Tetapi karena permasalahan klaim pihak ahli waris akhirnya wakaf tidak berlanjut. Namun demikian atas izin Allah SWT pada akhirnya Pondok Pesantren Hidayatullah mendapatkan ganti tanah wakaf di Desa Bandar Labuhan, Kec. Tanjung Morawa dengan luas 2,3 Ha. (sekarang sudah berkembang mencapai 7 Ha.). Sebuah lokasi yang penuh dengan semak belukar dan kata warga setempat merupakan tempat jin buang anak. hehe. Sekarang insyaallah menjadi sebuah kawasan pendidikan dan disekeliling pondok sudah ramai penduduk yang dulunya hanya hutan belantara tanpa penghuni.


Alamat Ponpes Hidayatullah Medan
Ponpes hidayatullah medan beralamat di Jln. Hidayatullah, desa Bandar Labuhan ujung, kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. Lebih detailnya ketika sudah masuk kawasan bandar labuhan, cari kantor kepala desanya di samping kiri ada turunan gang lalu ikutin saja jalannya nanti akan dituntun oleh plang nama yang menunjukkan tempat Ponpesnya.

Jenjang Pendidikan 
Jenjang pendidikan yang ditawarkan Ponpes Hidayatullah mulai dari PAUD/TK (Pendidikan anak usia dini), MI/SD (madrasah ibtidaiyah), MTs/SMP (madrasah tsanawiyah) dan MA/SMA (madrasah aliyah). Dengan guru yang tidak hanya memiliki keilmuan yang mumpuni namun juga dilengkapi dengan akhlakul karimah, akhlak yang baik sehingga mendidik para santri menjadi manusia yang beriman, berilmu dan juga berakhlak yang baik.
Interaksi belajar mengajar oleh guru legenda
Aktifitas Sehari-hari Santri
Keseharian santri dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi santri selalu diajarkan, segalanya diniatkan untuk ibadah kepada allah dan mendapat ridha allah SWT. Dan pasti akan dibalas dengan balasan yang tiada terkira, ajrun ghairum mamnun. Santri akan dibangunkan pada pukul 3 pagi untuk melakukan qiyamul lail (shalat malam/tahajjud) kemudian disambung dengan sahur pada hari senin dan kamis untuk puasa sunah. Setelah itu santri shalat subuh berjamaah, nikmat yang dirasakan saat itu tidak akan ada ketika kita bersekolah di luar. Rasa kantuk yang menjalar seakan sirna saat lantunan ayat yang dibacakan dan disahut oleh para jangkrik yang seolah bertakbir membesarkan nama allah sungguh membuat hati terasa damai dan tenang. Setelah shalat para santri akan berhalaqoh (membentuk lingkaran) dipimpin oleh seorang murabbi/guru mempelajari alquran, arti, tanda dan cara baca alqur'an.



Jadi tidak usah perfikir panjang jika ingin anak, saudara, adik, kakak, abg, sepupu dan teman kita ingin menjadi manusia yang tidak hanya berilmu tapi juga beriman, taat kepada Allah dan rasulnya dan menjauhi apa yang sudah dilarang oleh Allah SWT. Pondok Pesantren adalah solusinya, dan Ponpes hidayatullah Medan salah satu yang insyaallah dapat mewujudkannya. 

Untuk ingin mengetahui lagi kegiatan dan tentang Ponpes Hidayatullah Medan dapat menuju link berikut Portal Resmi Pesantren Hidayatullah Medan. 

                          

Ya, ini sedikit tentang Ponpes Hidayatullah Medan tempat saya bersekolah dulu. Semoga dapat menjadi referensi sekolah bagi anda yang membutuhkan dan dapat anda sebar. sekian dari saya wassalam. :)


Tags :

bm
Created by: Khairul Sani

Seorang anak dari keluarga yang biasa namum memiliki mimpi dan ambisi yang luar biasa. jangn pernah takut dengan keadaan karena kitalah yang menentukan keadaan akan menjadi seperti apa. ingat!!! sebagus-bagusnya karnyamu akan ada yang tidak suka, sejelek-jeleknya karnyamu pasti ada yang suka.

17 Comments:

  1. Dulu sempat kepikiran pengen mondok dipesantren sih tapi karena orang tua ga ngizinin ga jadi deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha saya malah terbalik mas, saya yg dipaksa mondok ama orangtua, :D

      Hapus
    2. Assalamualaikum. Saya boleh bertanya. Gimana cara daftar ke situ

      Hapus
  2. keren bang ...........boleh lah nnt jlan2 ksna

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya silahkan aja, saya jamin pasti seru.......

      Hapus
  3. Bang Sani, link websitenya diganti ya, di atas salah itu. Yang betul adalah www.hidayatullahmedan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ust afwan, soalnya itu link zaman dulu ya hehe, nanti sani ganti

      Hapus
  4. Assalamulaikum, saya saat ini sudah mau tamat kuliah tapi saya kepingin blajar ilmu agama bisa infokan g tmpat santri cwek di medan dmana aja y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang banyak mbak, selain hidayatullah medan alamatnya tertera di atas..... Ada yg khusus tahfidz, di daerah tanjung morawa dan jln batang kuis mbak,,,,, cuman perlu banyak tanya juga mbak, karna zaman skrang harus hati2 kadang ada ajaran yg sesat namun tdk kelihatan.....

      Jadi, rekom awal ya di Hidayatullah medan aja dulu mbak....

      Hapus
  5. Assalamualaikum.
    Ii ikhwan dan akhwat terpisah class nya kan.
    Klo boleh tau yg manhaj salaf di mn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam mas, ia kelas, asrama dan lingkungannya di pisah ikhwan dan akhwat...... kita semua bermanhaj al qur'an dan sunnah mas, insyaallah

      Hapus
    2. Khairul...biaya..beraapan ..untuk tsanawiyah?mohon pencerahan nya ...atau mampir ke email ku devnovray789@gmail.com saya tunggu

      Hapus
  6. Assamualaikum admin.
    Saya cece dari medan, saya mau bertanya apakah bisa orang dewasa belajar di pesantren ini ?
    Karena kebetulan calon saya adalah mualaf asal nias, dan dia berniat mau masuk pesantren.
    Mohon informasinya admin.
    Terimakasih banyak sebelumnya.
    Wasalamualaikum.

    BalasHapus
  7. saya juga sama seperti anda saya inggin mencari pondok pesantren jntuk orang dewasa

    BalasHapus
  8. Wah ini pesantren saya dulu masuk tahun 1994. Tapi cuma 3bulan. Terus di bawa kakek pindah ke pesantren lain.
    Kebersamaan di Hidayatullah luar biasa.

    BalasHapus

Connect